Wednesday 31 August 2016

Pelatihan Dokter Kecil bagi siswa/i Tingkat SD/MI Se -Wilayah Kerja UPTD PUSKESMAS BANTARUJEG Kec. Bantarujeg Tahun 2016

Dokter kecil,merupakan kader kesehatan yang berasal dari siswa kelas 4,5 yg mempunyai peranan penting dlm peningkatan upaya kesehatan sekolah. Tetapi akhir-akhir ini kader dokcil gaungnya kurang terdengar. Mengingat pentingnya peranan dokcil ini sekaligus sebagai syarat jalannya kegiatan UKS di tiap sekolah,maka UPTD PUSKESMAS bantarujeg yang didorong dengan lintas sektor terkait,khusunya kecamatan dan dinas pendidikan kec. Bantarujeg melaksanakan Pelatihan dan Pembinaan dokter kecil bagi siswa siswi yang dipilih di setiap sekolah ( SD/MI)  se wilayah kerja kec.Bantarujeg.Para peserta dokcil ini berjumlah 10-15 siswa dan siswi dari tiap sekolahnya.
Kegiatan ini berlangsung selama bulan Agustus. Adapun tujuan khusus dari pelatihan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan perilaku masyarakat sekolah tentang kesehatan serta mampu memecahkan masalah kesehatan di sekolahnya.
Esensi dari pelatihan dan pembinaan dokcil meliputi materi dan praktek atau aplikasi peserta dokcil di sekolah. Antara lain: pengenalan dokcil,tujuan,sasaran,dan pemahaman dokcil; materi PHBS dan praktek CTPS ; materi Pencegahan dan pengendalian penyakit ; imunisasi; Kesehatan Lingkungan dan praktek ; Gizi ; UKS DAN UKGS ; dan kesehatan secara umum. Berikut adalah foto kegiatan dokter kecil :








No comments:

Post a Comment