Tuesday 26 April 2011

Jalan Rusak di desa Cimanggu, Kegiatan Petugas Lapangan Puskesmas Bantarujeg sedikit terhambat

CIMANGGU.news. Peningkatan Kesehatan masyarakat adalah salahsatu tujuan dari Pelayanan Kesehatan yang terus dioptimalkan oleh Dinas Kesehatan selama ini.  Unit Pelayanan Kesehatan di Tingkat Kecamatan seperti Puskesmas dipacu untuk terus berupaya sesuai arah dan tujuan daripada pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya. UPTD PUSKESMAS DTP BANTARUJEG adalah salahsatu contoh unit pelayanan kesehatan yag terus menerus dan berkesinambungan melaksanakan setiap program kesehatan. Program kesehatn di Puskesmas ini adalah Program Dalam gedung ( Balai Pengobatan, UGD, Rawat Inap, BP KIA, BP Gigi, dll ) dan Program Luar Gedung ( Kesehatan Lingkungan, Promosi Kesehatan, Gizi, Imunisasi, Surveilans, dll.).
Program kesehatan Luar gedung adalah program yang dituntut untuk selalu bersentuhan dengan masyarakat tak hanya orang sakit. Orang – orang yang merupakan tenaga program luar gedung tersebut secara rutin bergerak, bahkan setiap hari, untuk menjalankan kegiatannya ke berbagai desa yang menjadi wilayah kerja UPTD Puskesmas Bantarujeg.
Namun setiap upaya tentunya harus didukung dengan sumber daya/ ketenagaan, sarana dan prasarana baik di dalam puskesmas maupun di luar Puskesmas (wilayah kerja-red.)Banyaknya hambatan untuk mencapai visi dan misi kesehatan tak mengendurkan semangat tenaga Puskesmas Bantarujeg untuk terus menjadi pelayan,pengabdi, fasilitator dan juga menjadi penggerak masyarakat untuk menuju tujuan pembangunan kesehatan. Salahsatu dari hambatan tersebut adalah jalur transportasi yang menuju wilayah kerja. Jalan – jalan yang menghubungkan mereka untuk menembus wilayah kerjanya banyak yang rusak.
Desa Cimanggu adalah desa paling sulit dikunjungi yang jalur transportasinya tidak memadai. Jalan untuk menuju Desa Cimanggu ini keadaannya sangat memprihatinkan.

 Jalan berlubang, naik turun, bahkan kalau hujan turun jalan seperti kolam ikan.sehingga tak jarang program luar gedung seringkali terhambat baik waktu maupun jadual kegiatannya. “ akibat jalan yang rusak seringkali kegiatan rutin Imunisasi jadualnya  berubah – ubah, belum lagi waktu yang lama sehingga memungkinkan cakupan imunisasi menurun atau tidak stabil “ menurut Asep saepudin, AMK. Sebagai program Imunisasi. “ namun  tak perlu khawatir karena Desa ini cukup mempunyai banyak sumber daya, disamping telah dibangun POLINDES, Saya siap berjuang untuk kesehatan Masyarakat disini “ ujar Bidan Desa Cimanggu, Ade, AMd.Keb.

No comments:

Post a Comment