Thursday 21 April 2011

MANFAAT DARI RUMAHTANGGA SEHAT


Rumah SehatMenerapkan beberapa indikator perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) khususnya pada tingkatan rumah tangga, memerlukan upaya yang berkesinambungan. Program PHBS mesti dilaksanakan secara terpadu oleh seluruh lapisan masyarakat dengan instansi kesehatan, sebagai sektor pelopor. Jika masyarakat telah berhasil mewujudkan suatu pola hidup bersih dan sehat dalam tatanan rumah tangga, sehingga menjadirumah tangga sehat, maka banyak manfaat yang akan bisa dirasakan pada masa kini dan ke masa depan, baik di tingkat rumah tangga maupun di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat.
1. Manfaat Bagi Rumah Tangga :
  • Setiap anggota keluarga menjadi lebih sehat dan tidak mudah sakit.
  • Anak-anak akan tumbuh sehat dan cerdas, sehingga kualitas generasi penerus lebih bermutu.
  • Anggota keluarga lebih giat bekerja, berarti produktifitas kerja bisa ditingkatkan.
  • Pengeluaran biaya rumah tangga dapat ditujukan untuk memenuhi gizi keluarga, pendidikan dan modal usaha untuk menambah pendapatan keluarga.
2. Manfaat Bagi Masyarakat :
  • Masyarakat mampu mengupayakan lingkungan sehat secara mandiri dan menyeluruh
  • Masyarakat mampu mencegah dan menanggulangi masalah-masalah kesehatan disekitarnya
  • Masyarakat bisa memanfaatkan pelayanan kesehatan kesehatan yang ada.
  • Masyarakat mampu mengembangan Upaya Kesehatan Bersumber Masyarakat (UKBM) seperti posyandu, tabungan ibu bersalin, arisan jamban, ambulans desa dan lain-lain.
(Sumber referensi : Buku Saku Rumah Tangga Sehat dengan PHBS, Pusat Promosi Kesehatan, Depkes RI, Jakarta, 2007, hal.3)
Perwujudan manfaat lainnya dari rumah tangga sehat, tentu akan berdampak luas terhadap keberadaan derajat kesehatan bangsa dan negara kita. Upaya hidup sehat khususnya padatatanan rumah tangga mesti terus dipromosikan dan dibudayakan bersama, mulai dari tempat tinggal masing-masing. Secara bertahap, jika hal ini sudah menjadi kebiasaan bersama, sehingga lingkungan tempat tinggal menjadi sehat, maka derajat kesehatan bangsa dan negara akan meningkat. Bagaimana menurut pendapat para sejawat dan sahabat?
Categories:

No comments:

Post a Comment